Jumat, 06 September 2019

Cara meningkatkan stamina

Keanyataannya, stamina tidak hanya diperlukan oleh atlet atau mereka yang terlibat dalam aktivitas fisik saja.
Hal ini sangat berguna untuk kebutuhan harian kita yang disibukkan oleh pekerjaan.Mungkin banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk mengonsumsi pil atau suplemen.
Namun hal itu justru akan memiliki efek samping bagi tubuh.Kita bisa mencoba melakukan beberapa cara alami yang banyak dilakukan oleh para atlet untuk meningkatkan stamina mereka. Sebagai berikut :
1. Makan sehat
Untuk meningkatkan stamina tubuh, kita butuh makanan yang mengandung vitamin C, protein, karbohidrat kompleks dan zat besi yang dapat membantu menghasilkan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh.Beberapa jenis makanan sehat tersebut misalnya, sayuran hijau, oatmeal, pisang, selai kacang, wortel, jus bit, selada, terong, daging tanpa lemak, ayam, ikan dan telur.
2. Latihan secara teratur
Berenang, bersepeda dan berlari adalah beberapa latihan yang sangat membantu dalam meningkatkan stamina.Durasi dan intensitas latihan harus ditingkatkan secara bertahap.Pemanasan sebelum latihan dan pendinginan setelah latihan diperlukan untuk mencegah keram otot.
3. Istirahat yang cukup
Tidur malam yang baik sama pentingnya dengan olahraga teratur.Tidur dan istirahat yang cukup membuat kita bersemangat dan segar yang dapat membantu kita untuk lebih fokus pada kinerja fisik dan mental kita.
4. Konsumsi air yang cukup
Air dibutuhkan untuk menjaga sel-sel tubuh tetap sehat. Minimal minum air putih dalam sehari yaitu 2 liter atau 8 gelas sehari.

5. Menyingkirkan kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti narkoba, alkohol dan rokok tidak hanya mengganggu fungsi paru-paru, tetapi juga mengurangi daya tahan tubuh.
Berikut adalah cara meningkatkan stamina,semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar